Lakukan Sebisamu

"Lakukan sebisamu.
Jangan pernah merepotkan orang".
Papaku selalu mengajarkan aku untuk tidak merepotkan orang lain. Berjuang sendiri. Kecuali kalau sudah skak mat dan memang butuh bantuan orang.

Ketika ada beberapa orang yang minta tolong sesuatu hal untuk hal yang *remeh* sejujurnya dari hati yangbpaling dalam aku keberatan. Kenapa? Karena itu kategotinya *manja. Im sorry for saying this. Apalagi kalo udah *memaksa. itu fenomena yang sangat aneh.

Aku dididik untuk tidak merepotkan orang lain kecuali kalo kepepet.
Banyak hal-hal lucu yang aku lewati di sini. Yang tidak bisa aku cerna dengan logika. Tidak ada hal yang merepotkan kalo pulang pergi bareng dengan *nebeng asal *searah.
Kalau tidak searah dan cukup jauh tentu saja boleh tapi dlm 1 minggu apabila meminta lebih dari 2 kali atau tetlalu sering, itu bukanlah hal yang wajar. Atau kau bisa naik angkutan umum.

Makan lah di tempat terdekatmu meskipun makanan itu ga enak tapi masih bergizi, jangan minta tolong temanmu untuk mengantarmu pergi ke tempat makan yang enak. Padahal kos temanmu sangat jauh plus kamu minta tolong lbh dari sekali dlm 1 minggu.

Kau tentu boleh meminjam uang temanmu bila kepepet. Tapi sangat aneh bila ada orang yang *memaksa* meminjam saat itu juga.*memaksa untuk bertemu detik ini. Padahal kamu sedang wara wiri jadi ketua laporan, deadline 5 cm di depanmu atau kamu sedang naik jet coaster di duvan. Dia yang butuh, dia yang maksa, padahal kamu sedang naik jet coaster. Mungkin bahasa kasarnya dia nyuruh lepas sabuk jet coaster aku lalu turun begitu saja saat posisi jet coaster sedang dalam keadaan terbalik.

Kamu boleh minta tolong temenmu untuk mengambil surat di bagian kemahasiswaan. Karena kondisi mu sedang sakit atau karena kamu sedang di luar kota atau sedang dalam keadaan terdesak. Tapi jangan minta tolong secara maksa ketika kondisimu sedang baik baik saja, dengan alasan : males naik angkot.

Gak semua orang disini bertipe *woles aja. * ada juga orang tipe kebalikan dari semua itu. Yang akan meng-cap kamu *manja* dan *merepotkan orang*

**
Nabi Muhammad hanya mau memberikan sedekah kepada kakek tua renta. Tapi kepada yang masih muda, meminta minta itu tidak baik karena merekA masih ada energi dan masih bisa bekerja.
**
Minta tolong tentu boleh tapi jangan memaksa. Karena apabila orang yg km minta tolong tidak ikhlas melakukan kegiatan tersebut, maka tidak berkah.
**

Once again, it just my opinion and my point of view. Maybe you have another opinion ^^. BECAUSE everyone has different character.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB IV UJI ORGANOLEPTIK IKAN SEGAR DAN IKAN SEGAR YANG DIDINGINKAN

Pengaruh Cuaca Terhadap Hasil Tangkapan Ikan

BAB IV UJI ORGANOLEPTIK IKAN SEGAR DAN IKAN SEGAR YANG DIDINGINKAN