Salah Kaprah Dalam Sistem Pendidikan Indonesia

 Ada orang yang suka bilang kaya gini: "rangking 1 di sekolah blm tentu sukses. liat tuh contohnya.. si anu si anu. kalo dia yg waktu sekolah main2, malah sukses kok".

**

ada yang bilang gini: "keseringan baca buku banyak2 tapi kalo gak bergaul, ya gak bakal sukses".

terus "orang2 yang EQ nya lebih tinggi, lebih sukses. karena banyak teman"

dan akhirnyaa.. anak2 jadi malas baca buku dan memperbanyak nongki di kafe. 

**

Tadi  habis nonton video Jusuf Kalla menyentil Nadiem Makarim. Emang kok ada something wrong how to apply kurmer. dan kalo dideskripsikan memang cukup panjang. kalo kurikulum sebelumnya terlalu condong ke kiri. tapi kurikulum sekarang condong ke kanan. padahal yang di tengah2 itu malah bagus. Pokoknya emang realisasinya jadi belibet gini. memperbaiki tapi ternyata salah. zonasi lah, ada anak SMP blm bisa calistung lah. Pucing liatnya

**

anak TK memang tidak boleh diajarkan calistung. MAKAAAA CALISTUNG DIAJARKAN KELAS 1 SD. ada jurnal ilmiah kenapa ngajar calistug harus usia 7 tahun. Eh pas kelas 1 SD, DIKASIH MATERI BACAAN KOK RUMIT BANGET, KURIKULUM SD KOK MAKIN SUSAAH.

Udah bertahun tahun tapi kok tidak ada kelinearan antara TK dan kelas 1 SD. apakah sebegitu sulitnya merubah kurikulum kelas 1 SD agar fokus di calistung saja?

"Transisi PAUD yang menyenangkan" tidak bisa diterapkan karena tidak ada jembatan kesinambungan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB IV UJI ORGANOLEPTIK IKAN SEGAR DAN IKAN SEGAR YANG DIDINGINKAN

Pengaruh Cuaca Terhadap Hasil Tangkapan Ikan