Ramadhan dan waktu luang

Alhamdulillah sekarang memasuki bulan Ramadhan. Meskipun suasana berbeda, karena setan dan manusia sama sama dikurung, tetapi hal tersebut tidak boleh menyurutkan kita untuk tetap semangat beribadah, 

Flash back ke belakang, waktu aku kelas 1 SMP- 3 sma, selama 6 tahun berturut turut, setiap bulan ramadhan selalu diadakan UTS. Yup! Bulan puasa tetap UTS, menurutku lebih baik dari pada UTS setelah lebaran. karena libur lebaran jadi malah belajar. 
Saat itu, solat tarawihku menjadi banyak bolongnya. bisa diitung jari.  karena aku harus belajar. Apalagi ketika SMA. jam belajar di sekolah jauh lebih lama dari pada jaman SMP. aku sering ketiduran saat itu. Apalagi pas kelas 3 SMA. Aku harus tidur 4 jam per hari karena harus belajar untuk UTS. Aku tidur jam 12 malam dan bangun jam 4 pagi untuk sahur dan susah  untuk tidur lagi. di sana aku harus menahan ngantuk. solusinya saya suka minum kopi saat sahur. Dalem hati, aku mengeluhkan banyak hal, sekolah selama 3 minggu dengan mata pelajaran yang bukan memperdalam agama,  Pokoknya tidak seasik waktu SD. 

O iya, waktu aku kelas 1-3 SD, aku libur 40 hari, tapi PR bejibun, Menurutku gak masalah, dari pada masuk sekolah. hehe. pas kelas 4 SD, bulan puasa tetap masuk. sehingga, aku dan teman2ku seringg batal. aku puasa full cuman 1 hari. aku dan teman2ku naik jemputan yang panasss bgt. di mindset aku, kalo kelas 4 SD puasa harus full, ternyata gak bisa karena harus berangkat sekolah. 
begitu juga kelas 5 dan kelas 6 SD. banyak bolongnya tapi gak separah kelas 4 SD. 

di saat lagi sibuk2nya, aku berpikir, waduhh 6 tahun sesibuk inii.. tidur 4 jam, membuatku sama sekali gak bisa tarawih dan tadarus, Seandainyaaa aku tidak sesibuk ini dan memiliki banyak waktu luang, pasti aku ibadahnya bisa jauhhh lebih baik dan lebih banyak. bisa duha, tahajjud, qabliyah, badiah, tarawih setiap hari, 

Hingga saatnya waktu luang tiba, 
ternyata aku tidak sanggup juga menjalani semua sunnah sunnah tersebut. Hanya beberapa ibadah sunnah saja.
Padahal waktu luang banyak. 
tahun 2019 adalah Ramadhan dengan waktu luang terbanyak sehingga aku bisa membaca surat2 yang jauhh lebih banyak dibandingkan tahun tahun sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB IV UJI ORGANOLEPTIK IKAN SEGAR DAN IKAN SEGAR YANG DIDINGINKAN

Pengaruh Cuaca Terhadap Hasil Tangkapan Ikan