Trend Belajar Saham 2021

 Saat ini, FYP Tiktok banyak yang membahas mengenai cara belajar saham. Tahun ini Gen Y dan Gen Z yang ingin belajar saham, jumlahnya akan meningkat. Keinginan saya untuk belajar saham ada dari SMA. Tapi baru belajar tahun lalu. oke! telat banget yaa. karena bingung mau belajar dari mana? dengan siapa?

Tapi sejak 2018, sudah banyak youtuber yang membahas tentang saham. 

Di kolom komentar, orang2 banyak yang menanyakan hal ini "Gimana cara belajar saham? Ajarin dong! Aku bingung"

Dan orang2 banyak yang menjawab dengan kalimat "Cari aja di Google/Youtube".

Menurut saya, itu "Solusi yang Bukan Solusi".

Karena jawaban itu tetap saja membingungkan. Channel youtube apa yang harus dipelajari pertama kali? Terkadang materi di youtube tidak runtut dan lompat-lompat. jadi buat pemula agak Bingung. 

Nah,, yang aku lakukan untuk belajar saham di awal-awal caranya ialah:

1. Beli Buku tentang saham yang tipis, ditulis oleh orang Indonesia, dengan Bahasa yang ringan.

Jangan beli saham yang tebal atau pake bahasa inggris. karena bahasanya akan berat untuk pemula. Buku yang aku beli itu ialah #YukBelajarSaham. Bukunya mudah dipahami. Sangat Cocok untuk pemula, Buku ini juga tidak tebal. Jadi ada semangat untuk menghabiskan membaca buku itu. Kalo udah baca bukunya, maka udah enak juga liat youtube2 tentang saham

2. Beli Buku Analisis Fundamental

Setelah itu, aku beli buku ini.. Aku bacanya agak skimming. kalau dipikir2 terbalik juga yaa.. harusnya aku beli buku analisis teknikal duluan baru fundamental. 

3. Liat youtube channel IPOTGO

Kita akan diajarkan cara membeli saham, jual saham, dll dengan aplikasi IPOTGO. penjelasannya mudah, singkat, jelas, dan runtut. 

4. Liat Youtube Analisis Teknikal salah 1 youtuber lain

Setelah berhasil nabung saham lewat IPOTGO, aku mencoba belajar analisis teknikal di salah satu channel youtube dulu. Belajar dari 1 youtuber dulu biar gak bingung. Kalau saya liat youtubenya JSXPRO ID.. Saya melihat video-video yang bagian "Analisis teknikalnya" dulu

5. Gabung 1 Grup Telegram tentang Saham dan Follow IG tentang Saham

Kalau saya gabung grup  telegram "ternak uang" dan follow IG "Ngertisaham". Ngeliatain komen2 perdebatan orang2 nya juga :p

Itu sajaaa tips buat yang ingin belajar saham dari awal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB IV UJI ORGANOLEPTIK IKAN SEGAR DAN IKAN SEGAR YANG DIDINGINKAN

Pengaruh Cuaca Terhadap Hasil Tangkapan Ikan