Prestice!

saat ini aku mau berbicara tentang prestice!


Menurut saya, prestice itu merupakan salah satu kebutuhan manusia. saya jadi ingat tentang teori Maslow yang pernah sedikit saya bahas dalam skripsi. Teori Maslow itu ada 5 tingkatan. tingatan pertama itu sandang, pangan. kalo kebutuhan itu sudah terpenuhi, maka manusia berusaha memenuhi kebituhan di atasnya. (saya lupa yang kedua apa).

Prestice mungkin kebutuhan yang di atas2. nomer 4 atau 5 gitu. Ada juga kebutuhan untuk ingin diakui.

**

Nah, dalam suatu lingkungan, orang2 "mengejar sesuatu" agar mendapat prestice. Kenapa? karena kalo udh dpt prestice itu, rasanya "senang".

Masalahnya, gak semua prestice itu bagus. Misalnya.. di komunitas saya yang dulu, kalo kamu suka ngomong jorok, ngomong hal2 yang ada di kebun binatang, ngomong kasar, sering melanggar peraturan, kamu akan dibilang"anak gaul". di judge anak gaul atau tidak kuper merupakan "prestice"

Mungkin di komunitas lain, berpakaian super sexi, akan dapat "prestice".

Hal yang di mata orang lain negatif, menurut peraturan tidak baik, tapi di lingkungan kamu, itu adalah KEBANGGAAN. Kalo kamu tidak melakukan hal tersebut, tentu kamu akan merasa asing sendiri dan dikucilkan. Perasaan itulah yang membuat kita "PENGEN PRESTICE ITU JUGA". Pengen diakui orang lain di lingkungan kita. Gak pengen dianggap sebelah mata oleh lingkungan kita.
Dari sini aku baru sadar kalo.. lingkungan dapat mengubah dirimu.


**

saya sebelumnya pernah ada di lingkungan tersebut. Alhamdulillah saya pindah ke komunitas lain yang sangat jauhhh lebih baik. Di lingkungan lain, yang namanya prestice itu ya,, kalo kita berorganisasi, bikin PKM, jadi asisten, dll. prestice yang sungguh positif. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB IV UJI ORGANOLEPTIK IKAN SEGAR DAN IKAN SEGAR YANG DIDINGINKAN

Pengaruh Cuaca Terhadap Hasil Tangkapan Ikan

BAB IV UJI ORGANOLEPTIK IKAN SEGAR DAN IKAN SEGAR YANG DIDINGINKAN