SUDAH DI KEPALA TIGAAA-AKU HARUS BAGAIMANAAA-IDGITAF

 Banyak mimpi yang terkubur,,

**

sebenernya saya masih kepala 2. tapi taun depan kepala 3 :(

Tahun ini merupakan TAHUN TERAKHIR SAYA.

TAHUN TERAKHIR? 

Let me tell a story.

**

Ketika kelas 3 SD aku sangat ambis. Waktu mau ujian. aku menyalin semua pertanyaan2 di buku cetak ke buku tulis. Itu hampir SEMUA PELAJARAN (PPKN, BHS INDO, IPA, IPS, PPKN, PLKJ, KESENIAN JAKARTA, DLL. ). terus pas mau ujian dikerjain lagi. Pokonya biar banyak2 belajar dan ngerjain soal. Itu aku lakukan cuman 2 kali seumur hidup aja kok. soalnya capek bgt. hasilnya?? Aku rangking 2 dan rangking 5. Hahaha.. blm bisa rangking 1 ternyata. Ya dulu kan masih kecil. Belum tahu definisi EFEKTIF DAN EFISIEN. Dulu lebih ke araha banyak nya belajar dan waktu yang dibutuhkan untuk belajar harus BANYAK. jadi ga ngerti kalo yg aku lakukan dulu tidak efisien. hehe. 

Kelas 5 SD, tiba tiba dapet *TRINGG dari langit. Menyadari sistem pendidikan di Indonesia sepertinya banyak yang perlu diperbaiki. Di situ,  berkat *tring itu, aku pengen bgt jadii guru TK atau menteri pendidikan atau pokoknya educator lah. Itu pertama kalinya nemu CITA-CITA DAN PASSION. panggilan Hidup dari Tuhan. Jatuh dari langit. 

Waktu kelas 1 SMP masih rajin belajar. sehari belajar 5 jam. Hari minggu tetep belajar. Karena takut dihukum juga sihh kalo ga bisa jawab pertanyaan. hehe.

Nah pas kelas 3 SMP, ini jadi kayak titik balik kehidupan. Dapet BAD news dan GOOD NEWS. Kayak kebetulann bgt aku nemu channel radio itu. Kalo jaman dulu internet masih minim ya harus ke warnet dulu. GOOD NEWS nya ialah : pertanyaan waktu kelas 5 SD terjawab. ternyata sistem pendidikan Indonesia itu perlu diperbaiki. dan di radio itu banyakk bgt acara motivasi2.  BOOM banget. Ngerasa beruntung bgt nemu radio itu. Bad news nya? Yup.. aku dpt info kalo intinya.. 

(1) prestasi masa lalu itu ga penting di dunia kerja

(2) Koneksi dan pertemanan lebih penting dari pada nilai di sekolah

**

yup! Aku demotivasi sampai umur 28 tahun. Karena yang bilang kaya gitu BANYAK. Jurnal2 juga BANYAK yang bilang gitu. dengan slogan "orang malas di sekolah lebih sukses di dunia kerja". Jadi merasa yang aku lakukan saat itu sia2 ? Dan mulai takut berusaha dengan sangat. Takut ambiss. Karena takut salah jalan lagi. Jadi memutuskan untuk. "Yaudahlah . gak mau ambis lagi. Aku mau menikmati masa remaja yang bahagia. Karena masa remaja paling indah. kalo udah dewasa hidup pasti sulit. Jadi jangan terlalu rajin bgt pas sekolah dan kuliah. kalo rajin blm tentu sukses". 

14 tahun banyakk lika liku perjalanan kehidupan. Banyak kerikil2 dan duri2 yang nusuk di telapak kaki. (Ada masalah "interpersonal skill". Padahal interpersonal skill justru yang bikin orang2 sukses).  makin percaya dengan kalimat itu --> (orang malas sekolah lebih sukses di dunia kerja) dan semakin demotivasi. 

Saya berusaha untuk meningkatkan skill di bagian "interpesonal skill" tetapi gagal lagi gagal lagi gagal terus. 14 tahun gagal. Hal ini demotivasi terus menerus. (cerita lengkapnya sungguh panjang).

Akibatnya saya lebih sering main HP dan rebahan. Izinkan saya mengatakan hal ini: "Saya Menghabiskan waktu dengan sia-sia. Banyak waktu terbuang". Saya takut ilmu dan waktu saya menjadi tidak berkah. Saya terjatuh dan suka lupa caranya bangkit. Hehe..

**

Lalu..setelah healing..

Aku mencoba untuk menerima segala kelebihan dan kekurangan aku. Aku mencoba untuk sukses dengan caraku. Meskipun interpersonal aku blm/tidak bisa sebaik yang lain, tapi aku tetap berusaha improve hal itu. 

**

TAHUN TERAKHIR??

Aku mencoba jualan dan sekolah lagi. Apabila jualanku gagal, aku akan kembali menjadi karyawan. Dan ini tahun terkahir aku eksplor untuk "belajar kembali". Aku harus selesai sekolah. Aku ingin mencoba semua semuanya sebelum september 2022. Apabila semua gagal, tidak apa apa. Yang penting sudah mencoba. jadi sebenernya ini menjadi tahun paling deg degan. dan tahun TERAKHIR untuk mengeksplor dan menghabiskan jatah gagal. Tahun terakhir untuk belajar informal. tahun terakhir untuk eksplor mau coba jualan ini itu. karena Usia 30 mudah2 an sudah berkeluarga. Jadi Tahun 2023 saya tidak akan eksplor ini itu lagi. Sudah saya batasi. Sudah saya tutup. Fokus ke skill yang sudah ada. 

**

dan tahun 2022 ini aku mencoba kembali untuk ambis. Bismillah. Aku mencoba untuk ambis kembali sekalii lagi selama 10 tahun. what will i be next 10 years?

Saya buat blog ini tahun 2013. Sekarang tahun 2022. Alhamdulillah saya punya penghasilan sebanyak sekitaran UMR.hehe. 

Semoga 10 tahun ke depan akan menjadi tahun2 yang baik dan menyenangkan. Seperti 10 tahun ke belakang (minus 201..)hehe. Semoga berhasil. Tidak gagal. Karena ini menjadi tahun terakhir untuk MENCOBA. 














Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB IV UJI ORGANOLEPTIK IKAN SEGAR DAN IKAN SEGAR YANG DIDINGINKAN

Pengaruh Cuaca Terhadap Hasil Tangkapan Ikan